Pemrograman Dasar

1. Bahasa pemrograman ada 3 yaitu Low Level Language, Middle Level Language dan High Level Language. Sebutkan contoh dari masing-masing bahasa tersebut.
Jawaban:

  • Low Level Language : contohnya adalah bahasa Assembly.
  • Middle Level Language : contohnya adalah Bahasa C.
  • High Level Language : contohnya Basic dan Pascal

2. Apakah yang dimaksud Array?

Jawaban:
sebuah variabel yang menyimpan lebihdari 1 buah data yang memiliki tipe data yang sama, dengan katalain Array merupakan kumpulan dari data-data tunggal yang dijadikan dalam 1 variabel Array yang alamat memorinya berbeda yang selanjutnya disebut dengan elemen-elemen Arrat yang bisa    kita akses berdasarkan indeks.


3. Bagaimana proses penyimpanan penggunaan Array pada memori?

Jawaban:

Penempatan atau Penggunaan  Array di Memori
-Array Satu Dimensi
Tipe Data Array 1 Dimensi dengan elemen sebanyak n membutuhkan Memori sebanyak n Byte. Nilai-nilai dari Array char tersebut diletakkan dalam alamat yang berurutan.
Contoh:
– Elemen char[0] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x001
– Elemen char[1] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x002
-Array Dua Dimensi
Tipe Data Array 2 Dimensi dengan elemen sebanyak m x n , membutuhkan Memori sebanyak m x n Byte. Pada Array 2 Dimensi, setiap elemen m akan mengikat elemen sebanyak n.
Contoh:
– Elemen char[0][0] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x00E
– Elemen char[0][1] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x00F
– Elemen char[1][0] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x010
– Elemen char[1][1] diletakkan di Alamat Sel Memori 0x011

-Array Tiga Dimensi
Tipe Data Array 3 Dimensi dengan elemen sebanyak l x m x n , membutuhkan Memori sebanyak l x m x n Byte. Pada Array 3 Dimensi, setiap elemen l akan mengikat sebanyak m dan setiap elemen m akan mengikat elemen sebanyak n. Pola yang sama digunakan antara Penempatan Memori Array Tiga Dimensi dengan Array Dua Dimensi.



4. Sebutkan aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat program!

Jawaban:

1. Java
Hasil gambar untuk JAVA APLIKASI PEMBUAT PROGRAM

     Java adalah bahasa program komputer yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC hingga smartphone dan perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh The Green Project miliknya Sun Microsystem pada tahun 1991 silam. Dan hingga kini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler di dunia, dan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

      Kepopuleran Java sebagai salah satu bahasa pemrograman tebaik bukan muncul tanpa alasan, melainkan karena kelebihan Java itu sendiri, misalnya seperti bisa berjalan di berbagai platform, lebih mudah dimengerti, dan mempunyai library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan para programer ketika mengoperasikannya.

2. C

     Perlu diketahui bahwa bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua yang ada di dunia. Bahasa pemrograman ini dikembangkan sekitar tahun 70an oleh Dennis Ritchie. Selain itu, bahasa C sendiri rasanya pantas jikalau kita sebut sebagai salah satu bahasa pemrograman terbaik yang ada di dunia, termasuk di Indonesia. Pasalnya, di tanah air sendiri, bahasa C dipelajarkan—pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman lain—di perguruan tinggi Indonesia jurusan IT, maupun lembaga kursus pemrograman.
   Adapun alasan bahasa C dipelajari pertama kali, yakni karena bahasa pemrograman yang satu ini adalah induk dari bahasa pemrograman lain, misalnya: Java, C#, C++, dll. Maka dari itu, tidak heran jikalau bahasa pemrograman yang satu ini begitu populer di dunia.

3. PHP

           Bahasa program yang satu ini biasanya digunakan untuk membuat profesional website.Bahkan website sekelas Facebook, WordPress, maupun Digg—kabarnya menggunakan PHP dalam pengembangannya. Selain karena dapat membuat website menjadi dinamis, PHP juga dapat digunakan secara gratis, sehingga hal itulah yang membuat bahasa program komputer yang satu ini banyak digunakan oleh developer di dunia. Dan perlu diketahui bahwa PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.


5. Apakah yang dimaksud dengan Coding?

Jawaban:
Coding adalah suatu proses menulis, menguji dan memperbaiki, dan memelihara kode yang akan membangun suatu program komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia

Peripheral External Pada Sistem Komputer