Peripheral External Pada Sistem Komputer

Pengertian peripheral
Peripheral merupakan perangkat keras tambahan yang dihubungkan ke komputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarang sudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidak dapat dilakukan oleh perangkat keras yang sudah terpasang didalam casing.
  1. Peripheral utama (main peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada ketika kita akan mengoperasikan komputer. Misalnya  peripheral utama yaitu: monitor, mouse dan juga keyboard.
2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti ada ketika kita akan mengoperasikan komputer tetapi  diperlukan untuk keperluan tertentu. Misalnya seperti printer, scanner, modem, wifi adaptor, web cam dan lain-lain. (Deni, 2014).
Perangkat Eksternal/Peripheral Sistem Komputer
Macam-macam Peripheral Input dan Output

Peripheral input

Keyboard

Keyboard adalah hardware unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard bisa digunakan untuk memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Keyboard yang kita kenal sekarang memiliki beberapa jenis port, misalnya port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis pertama pada contoh diatas yaitu QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. type writer key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

Mouse

mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor dengan digerakan menggunakan tangan kita. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard yang harus memasukan kombinasi key.

Touchpad

Unit input ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari, umumnya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit input yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. 

Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang umumnya dipakai untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian akan direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik per detik setiap baris.

Joy Stick dan Games Paddle

Bagi Kamu para pecinta games pasti sudah familiar dengan alat ini dong, alat masukan ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek / karakter game dalam komputer.

Barcode

Barcode termasuk dalam jenis perangkat masukan (input device) yang berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku yang bisa dengan mudah kita jumpai di super market atau swalayan.

Scanner

Scanner adalah sebuah alat masukan yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks dari kertas misalnya yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam hard disk ataupun floppy disk dalam bentuk soft-copy. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas (hard-copy) sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar (soft-copy). Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer untuk meneliti jawaban hasil ujian nasional misalnya.

Mikropon dan Headphone

Unit input ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan di-save ke dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat bercakap-cakap dengan orang yang kita inginkan pada saat chating.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan alat masukan bernama Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, prinsipnya hampir sama dengan Lights Pen. (Zulkarnain, 2012)
Peripheral Output
Monitor
Monitor merupakanvperiferal komputer yang digunakan untuk menampilkan data yang sedang diproses oleh sistem komputer yang selanjutnya ditampilkan kepada pengguna.
Pada umumnya, perangkat ini terdiri atas dua jenis yakni LCD Monitor (Liquid Cristal Display) dan CRT Monitor (Catoda Ray Tube). Jenis monitor yang paling baik digunakan adalah jenis LCD monitor karena memiliki radiasi sinar yang lebih rendah dan lebih hemat listrik dibandingkan dengan CRT monitor.

Printer

Printer merupakan perangkat keluaran yang dipakai untuk mencetak data pada dokumen yang biasanyaberupa kertas. Printer sekarang, bukan hanya sebagai pencetak dokumen saja, namun sudah dilengkapi dengan scanner dan alat lain seperti card leader, LAN dan sebagainya sehingga tulisan di kertas bisa kita scan untuk diambil soft-copy. Terdapat beberapa jenis printer yaitu Buble Jet, Laser Jet, Ink Jet, Dot Metric, Dye Sublimation. Dari berbagai jenis printer tersebut yang memiliki kecepatan cetak paling cepat ialah Laser Jet yang menggunakan Toner sebagai “Tinta”. (Audianingrum, 2013)
Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus untuk menghasilkan keluaran komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan perangkat ini ke dalam sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada dengan lebih nyata. (Muhammad Ghufron, 2013)

Speaker

Speaker merupakan peralatan keluaran pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan keluaran berupa suara. Speaker akan terhubung dengan sound card pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari kompute r tersebut.

(Perangkat Eksternal Peripheral – wahyukode)

Peripheral Storage

Storage device pada komputer merupakan perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan data pada komputer, data yang disimpan pada storage device bersifat permanen dan bukan bersifat sementara. Jadi kitabisa menghapus atau menyimpan file sesuai dengan keinginan orang yang memiliki hak dan wewenang. Seiring perkembangan komputer yang begitu pesat seperti saat ini, storage device juga berkembang sangat pesat sehingga baik ukuran, bentuk dan modelnya juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. (Mujiono, 2016) 

Hard Disk

Hardware ini juga biasa disebut juga dengan cakram keras berbentuk piringan hitam terbuat dari alumunium dan dilapisi bahan magnetic. Hard disk sudah menjadi komponen utama dari PC untuk sistem operasi karena untuk menyimpan segala data yang ada. Komponen-komponen bagian yang terdapat pada hard disk terdiri dari sebuah jarum untuk membaca data di cakram. Kecepatan putarannya bervariasi, ada yang 5400 putaran per menit ada juga hingga 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang dapat disimpan. Besarnya bervariasi, mulai dari puluhan GB, 500 GB, 1 TB dan seterusnya. Dengan kata lain, Hard disk mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar dari floppy disk.

  FlashDisk

Flash Disk merupakan perangkat penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm sehingga sangat cocok untuk dibawa kemana-mana dan tidak menghabiskan banyak ruang. Bahkan untuk saatini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hinggamencapai 1 TB jadi tidak kalah dengan hard disk bukan? 
(Perangkat Eksternal Peripheral – wahyukode)

 CD/DVD

CD-ROM merupakan kependekan dari Compact Disc – Read Only Memory adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700 Mega byte. CD-ROM bersifat read only (hanya bisa dibaca namun tidak bisa ditulis). Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Read Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW / Compact Disc Read Write.

sumber : https://wahyukode.com/perangkat-eksternal-peripheral/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia