Komputer dan Jaringan Dasar

Hasil gambar untuk jaringan


1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan!

Jawab:

sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk menjapai tujuan yang sama.


2. Apakah perbedaan jaringan dengan internet?


Jawab:


jaringan:

  • kupannya hanya di sekumpulan komputer dalam wilayah yang terbatas
  • perkembangannya cenderung lebih lambat
  • hanya bisa digunakan di tempat terbatas seperti perkantoran, sekolah, rumah sakit, dan lainnya

internet:
  • memiliki cakupan yang sangat luas, bahkan sampe sedunia
  • memiliki jaringan yang kuat, karena didukung oleh berbagai jenis komunikasi
  • perkembangannya semakin lama semakin pesat
  • bisa diakses kapan saja dan dimana saja



3. Apakah yang harus ada dalam membangun jaringan?


Jawab:


1. FAULT TOLREANCE
       Fault tolerance atau toleransi kesalahan adalah sebuah pemahaman dimana didalam membangun sebuah jaringan kita harus meminimalisir terjadinya sebuah gangguan dan memastikan seluruh infrastruktur yang dibangun dapat terus berjalan dengan baik dan sempurna. Fault tolerance dilakukan dengan melakukan redundancy terhadap jaringan yang akan kita bangun. Redudansi dapat dilakukan dengan cara menduplikasi jalur yang digunakan untuk mentransmisikan informasi baik secara physical maupun logical.
2. SCALABILITY
    Scalability adalah bagaimana menjaga perfoma dari jaringan komputer agar tidak berkurang ketika akan melakukan ekspansi jaringan (penambahan user dan network). Hal ini yang sering dialami oleh service provider dimana walaupun pengguna ISP bertambah banyak, ISP harus tetap dapat menjaga performa dari jaringan yang dibangun.
3. QUALITY OF SERVICE
    Quality of Service adalah bagaimana cara kita bisa membagi-bagi jatah resource sesuai dengan kriteria yang ditentukan dalam suatu organisasi, misalnya pada sebuah organisasi berdasarkan posisi jabatan atau departemen.
4. SECURITY
    Keamanan dari jaringan yang akan kita buat harus selalu menjadi perhatian yang dibilang cukup penting. Dalam membuat jaringan komputer intinya adalah bagaimana membuat jaringan komputer yang kita bangun itu aman, baik dari internal maupun eksternal.
  Disini kita harus memperhatikan bagaimana kerahasiaan dari informasi dan komunikasi bisa terjaga dan hanya user yang asli dapat mengaksesnya. Bagaimana integritas dari suatu informasi dan komunikasi dapat dipertanggung jawabkan dan dipercaya. Dan bagaimana suatu informasi dan komunika dapat selalu tersedia walaupun terjadi sebuah masalah.



4. Jelaskan keuntungan dan kerugian dalam jaringan!


Jawab:

keuntungan:


  • Bisa saling melakukan aktivitas berbagi (sharing) sumber daya peralatan untuk digunakan secara bersama-sama, seperti contohnya harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya. 
  • Bisa saling berbagi (sharing) penggunaan file yang ada di dalam server atau masing-masing workstation.
  • Aplikasi bisa digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya (multiuser).
  • Komunikasi yang terjalin antar pengguna melalui email atau LAN Conference.
  • Mudah dalam melakukan proses backup data, karena manajemen yang tersentralisasi.
  • Tidak bergantung pada orang yang menyimpan data (apabila orang tersebut tidak ada), karena penyimpanan data tersentralisasi.
  • Data yang selalu up to date, karena server selalu senantiasa memutakhirkan data begitu ada input (data entry) yang masuk atau diterima.
kerugian:
  • Biaya yang tinggi, lalu semakin tinggi lagi. Pembangunan jaringan ini meliputi dari berbagai macam aspek : pembelian hardware, software, biaya melakukan konsultasi perencanaan jaringan, lalu biaya menggunakan layanan jasa pembangunan jaringan itu sendiri.
  • Manajemen perangkat keras (hardware) dan Administrasi Sistem. Manajemen pemeliharaan ini bersifat berkelanjutan dan memang memerlukan seorang IT yang sudah handal,
  • Sharing file yang memang tidak diinginkan dan tidak diperlukan. seringkali terjadi kebocor data dan bisa dibaca oleh orang lain yang memang tidak memiliki hak atas data tersebut.


  • Aplikasi virus dan Metode hacking. Dengan adanya hal tersebut, network bisa menjadi down dan pekerjaan secara otomatis akan terhenti di saat waktu yang tidak tepat. Permasalahan ini memiliki sifat yang klasik, karena sistem yang direncanakan tidak baik.



5. Apakah yang dimaksud dengan operator?

Jawab:

Hasil gambar untuk operator
menurut KBBI:
Operator ialah, orang yang bertugas menjasa, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin, telepon, radio, dan sebagainya.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia

Peripheral External Pada Sistem Komputer