Seni Musik

Gambar terkait

SENI MUSIK


Pengertian Seni Musik

Musik merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta bisa dari suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, atau bahkan sebagai profesi. Jadi Pengertian Seni Musik juga dapat dikatan sebagai ungkapan perasaan seseorang yang dituangkan dalam bentuk nada dan syair yang indah.


Unsur-unsur Seni Musik
Msuik akan lebih sempurna jka tersapat unsur-unsur berikut ini.

1. Melodi
Melodi adalah rangkaian sejumlah nada atau bunyi, yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi terdiri dari durasi, pitch, dan tone.

2. Ritme (Irama)
Ritme (Irama) adalah gerak yang teratur mengalir karena munculnya aksen secara tetap. Irama lebih terasa indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi.

3. Birama
Birama adalah unsur seni musik berupa ketukan/ ayunan secara berulang-ulang yang datang secara teratur dalam waktu yang sama. Birama biasanya dituliskan dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya.Terdapat 2 jenis birama utama yaitu birama perduaan dan birama pertigaan yang dapat diperinci menjadi :
Birama perduaan bersahaja : Birama 2/4 dan 2/8
Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4, 8/4, 4/8, dan 8/8
Birama pertigaan bersahaja : Birama 3/4 dan 3/8
Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4, 6/8, 9/4, dan 9/8

3. Harmoni
Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan bunyi. Secara teknis, harmoni meliputi peranan, susunan, dan hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk secara keseluruhan. Harmoni memberi bobot, nilai dan bentuk tabuhan pada jalinan melodi. Sebuah lagu akan terdengar indah apabila memiliki harmoni yang baik.

4. Tempo
Tempo adalah hal yang berhubungan dengan cepat lambatnya gerak musik atau lagu, atau dapat dikatakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat permainan suatu lagu, maka semakin besar nilai tempo lagu tersebut.

5. Dinamik
Dinamik adalah hal yang berhubungan dengan keras lembutnya lagu dan perubahannya. Dinamik ini termasuk unsur yang paling kuat menunjukkan emosi atau perasaan yang terkandung dalam sebuah karya musik jika dibandingkan dengan unsur-unsur lainnya.
a. Tanda dinamik lembut, yaitu;
Piano (p) = lembut,
Pianissimo (pp) =sangat lembut.
b. Tanda dinamik sedang, yaitu;
Mezzo Piano (mp) = agak keras,
Mezzo Forte (mf) = agak keras.
c. Tanda dinamik keras, yaitu;
Forte (f) = keras,
Fortissimo (ff) = sangat keras

6. Tangga Nada
Tangga Nada adalah urutan atau deret nada yang disusun secara berjenjang. Antara nada satu dengan yang lain terdapat jarak tertentu. Terdapat 3 macam tangga nada, yaitu Tangga Nada Diatonis, Tangga Nada Pentatonis dan Tangga Nada Kromatis.


7. Timbre

Timbre adalah warna bunyi atau kualitas bunyi yang membedakan kesan. Timbre sebuah alat musik dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetarnya.


Kesimpulan:
Seni Musik ialah sebuah karya seni yang tanpa adanya unsur-unsur didalamnya tak dapat dikatakan lagi8 sebagai musik yang sempurna ataupun indah didengar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia

Peripheral External Pada Sistem Komputer