Pengertian, Jenis dan Contoh Animasi

1. apakah yang dimaksud dengan animasi

jawab :
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. 




2. jelaskan macam-macam dari animasi

jawab :


1.   Animasi 2D dan 3D


Animasi 2D adalah gambar yang memakai lingkaran dua dimensi dan digerakan secara cepat dan berurutan.Animasi 3D adalah sebuah objek animasi yang berada di dalam ruang 3D, biasanya objek dapat berpindah dan berputar menyerupai objek asli.
Perbedaannya ialah ada pada titk koordinatnya. 2D memiliki titik koordinat x dan y, sedangkan 3D memiliki titik koordinat x, y dan z.


2. Animasi sell dan motion tween

Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. 
 Sedangkan tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir.


3. Animasi Frame

Animasi frame by frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam (still image) frame demi framenya.


4. Animasi Sprite

Metode animasi ini yang menjadikan objek “sprite” yang dapat bergerak secara individual dimana objek yang lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang  tidak bergerak.


5. Animasi Path

Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu.


6. Animasi Marphing


Teknik marphing adalah efek dimana suatu objek berubah secara perlahan menjadi objek lain. Contohnya seperti animasi yang semula berbentuk pizza bisa berubah menjadi wajah seseorang.



3. carilah contoh animasi gif dari macam-macam animasi tersebut minimal 7 gambar

jawab :

1. Animasi 2D dan 3D


  • Animasi 2D


















  • Animasi 3D
 







  • Animasi Cell
  • Animasi Tweening
  • Animasi Frame



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia