Pemrograman Dasar

1. Pengerian Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.

2. Pengenalan tools/framework


Pengenalan tools/framework pengembangan program Ada dua komponen utama dalam Framework .NET yaitu Common Language Runtime (CLR) dan.NET Framework Class Library. Common Language Runtime (CLR) adalah pondasi utama dari Framework .NET. CLR merupakan komponen yang bertanggung jawab terhadap berbagai macam hal, seperti bertanggung jawab untuk melakukan managemen memory, melakukan eksekusi kode, melakukan verifikasi terhadap keamanan kode, menentukan hak akses dari kode, melakukan kompilasi kode, dan berbagai layanan system lainnya. Dengan adanya fungsi CLR ini, maka aplikasi berbasis .NET biasa juga disebut dengan managed code, sedangkan aplikasi di luar itu biasa disebut dengan un-managed code. CLR akan melakukan kompilasi kode-kode aplikasi kita menjadi bahasa assembly MSIL (Microsoft Intermediate Language). Proses kompilasi ini sendiri dilakukan oleh komponen yang bernama Just In Time (JIT). JIT hanya akan mengkompilasi metode metode yang memang digunakan dalam aplikasi, dan hasil kompilasi ini sendiri di chace di dalam mesin dan akan dikompile kembali jika memang ada perubahan pada kode aplikasi kita. .NET Framework Class Library atau sering juga disebut Base Case Library (BCL) adalah koleksi dari reusable types yang sangat terintegrasi secara melekat dengan CLR. Class library bersifat berorientasi terhadap objek yang akan menyediakan types dari fungsi-fungsi managed code. Hal ini tidak hanya berpengaruh kepada kemudahan dalam hal penggunaan, tetapi juga dapat mengurangi waktu yang diperlukan pada saat eksekusi. Dengan sifat tersebut, maka komponen pihak ketiga akan dengan mudah diaplikasikan ke dalam aplikasi yang dibuat. Dengan adanya BCL ini, maka kita bisa menggunakan Framework .NET untuk membuat berbagai macam aplikasi, seperti : ·                     Aplikasi console ·                     Aplikasi berbasis windowd (Windows Form) ·                     Aplikasi ASP.NET (berbasis web) ·                     Aplikasi Web Services XML ·                     Aplikasi berbasis Windows Services Jika kita membuat sekumpulan Class untuk membuat aplikasi berbasis windows, maka Class-Class itu bisa kita gunakan untuk jenis aplikasi lain, seperti aplikasi berbasis web (ASP.NET).

Make Google view image button visible again: https://goo.gl/DYGbub



3. Instalasi tools bahasa pemrograman


  1. Download paket installer Go for Windows
    Buka browser Anda dan arahkan ke alamat https://golang.org/dl/
    Pilih paket yang sesuai dengan spesifikasi komputer yang Anda gunakan. Saya menggunakan komputer Netbook Win7 32-bit. Jadi saya memilih:
    https://dl.google.com/go/go1.10.windows-386.msi
    Ada juga pilihan .zip, tapi ukurannya lebih besar.
  2. Instalasi
    Proses instalasi sangatlah mudah, tinggal menjalankan installer dan klik Next, hehehe. Berikut ini saya tampilkan beberapa screenshot proses instalasi Go For Windows yang saya lakukan pada Netbook Win7 saya.
         
    Setelah proses instalasi selesai, maka paket program Go terinstalasi pada C:\GO. Selanjutnya kita bisa melakukan testing.
  3. Testing
    Buka Command-Prompt dan ketik: go version
    C:\>go version <enter>
    Maka akan ditampilkan versi dari program Go yang terinstalasi, yakni Go1.10.
  4. Contoh Program
    Sebagai penutup langkah instalasi, berikut saya berikan screenshot eksekusi program Go sederhana.

4. Struktur bahasa pemrograman

5. Standar output dalam bahasa pemrograman

6. Standar input dalam bahasa pemrograman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Animasi dan Tokoh-Tokoh Animator Paling Berpengaruh di Dunia

Pengertian, Jenis, Struktur dan Contoh Personal Latter

Pengertian, Jenis dan Contoh Animasi